Kelas Sebelumnya Selesai dan Lanjutkan  

  Introduction

Bagi member yang belum mendapatkan Financial Calculator, harap hubungi Customer Service, Fina (WA) 0883 1012 7832

Sahabat financial wisdom, selamat datang bersama saya kembali muhammad teguh dalam kelas investasi. Kali ini kita akan membahas di kelas investasi ini tentang introduction bagaimana kita merencanakan investasi. Financial wisdom, memiliki financial calculator, atau semacam file dalam bentuk excel yang akan memandu anda semua dalam merencanakan investasi anda.

Yang pertama, kalkulator ini memiliki beberapa sheet. Sheet yang pertama adalah network atau personal network, sheet ini harus anda isi kurang lebih aset yang anda miliki, baik ee mulai dari apa namanya cash uang cash yang anda miliki, tabungan yang anda punyai, deposito yang anda punya, bahkan sampai investasinya, emas, rumah, mobil, dan sebagainya yang anda punya, termasuk juga utang yang anda punya, itu sheet yang pertama.

Sheet yang kedua tentang cash flow analisis, cash flow analisis ini berisi dua besaran, yang pertama adalah pendapatan anda berapa, yang kedua adalah pengeluaran anda apa saja, anda harus isi itu sedetail mungkin, termasuk disitu juga pengeluarannya sehari-hari, termasuk disitu budget anda untuk melakukan investasi, termasuk disitu juga budget anda dalam berbagi misalkan, termasuk juga adalah adanya cicilan yang anda bayarkan setiap bulan.

Setelah mengisi dua sheet ini yaitu sheet personal network dan cash flow analisis, maka anda akan masuk ke sheet berikutnya yaitu tentang financial result, financial result anda nggak perlu isi apa-apa, kenapa karena financial result merupakan hasil kondisi kesehatan keuangan anda dari dua isian yang tadi, yaitu dari personal network dan cashflow. Anda akan tahu dari situ yang pertama adalah seberapa sehat cicilan anda apakah cicilan anda dalam masih dalam taraf yang sehat atau tidak.. yang kedua anda tahu seberapa besar anda mampu untuk menabung, seberapa besar anda mampu untuk, apa namanya investasi, dan yang ketiga adalah seberapa likuid uang yang anda miliki. Uang likuid yang anda miliki saat ini, itu bisa untuk hidup untuk berapa bulan. Ketika lebih dari empat bulan, maka anda dalam kondisi yang sehat. Syukur-syukur bisa sampai dua belas bulan, jadi yang ketiga berisi financial result yang menggambarkan kondisi keuangan anda dalam kondisi sehat apa nggak.

Financial result ini menjadi tidak bisa bekerja dengan baik manakala anda belum mengisi personal network dan cashflow. Yang pertama kali anda perlu lakukan adalah mengisi dua sheet, yang pertama personal network dan yang kedua cashflow. Setelah anda mengetahui kondisi kesehatan keuangan anda, anda disinilah baru memulai untuk merencanakan investasi anda. Kenapa harus tahu dulu kondisi kesehatan keuangan anda, karena dengan memahami kondisi kesehatan keuangan anda, maka anda tahu senjata apa yang anda miliki, kemampuan apa yang anda miliki untuk berjalan ke depan memulai investasi anda.

Nah, sheet berikutnya adalah pertama kali investasi yang akan anda lakukan atau yang akan anda rencanakan untuk lakukan adalah investasi untuk dana pensiun. Nah, dalam sheet ini banyak detail yang harus anda isi, yang pertama adalah anda saat ini usianya berapa?, anda ingin pensiun di usia berapa, dan kira-kira anda akan pensiun berapa lama, last ekspektasi anda berapa, usia harapan hidup anda berapa, gaya hidup anda berapa. Gaya hidup ini anda bisa juga refer kepada cash flow, jadi anda kembali ke cashflow, cashflow anda tahun ini atau sebulan ini habisnya berapa sih, misalkan dalam sebulan ini anda habisnya sepuluh juta, anda bisa isi pada saat pensiun biaya hidup saya adalah sama dengan sepuluh juta hari ini. Apa anda mau diskon misalkan, saya pada saat pensiun saya cuma mau delapan juta per bulan, nah ini juga boleh. Anda bisa isi disitu.

Nanti akan detail ketemu anda harus berapa investasi per bulan, anda punya uang sekarang berapa untuk dialokasikan pensiun dan seterusnya.

Sheet yang terakhir adalah tentang investasi lain-lain selain dana pensiun. Disitu bisa dipakai, kalkulator ini bisa dipakai untuk investasi pendidikan anak, bisa dipakai untuk investasi, untuk liburan, bisa juga untuk investasi membeli rumah, membeli mobil, mau apapun bisa. Bahkan anda misalkan pingin investasi target saya punya uang satu milyar. Nah disitu juga kita bikinkan suatu template untuk money savingnya berapa. Ketika anda punya target uang satu milyar dalam waktu sekian tahun.

Si kalkulator ini harapan kami adalah bisa membantu anda dalam merencanakan investasi sehingga anda dalam investasi tidak asal investasi. Anda berinvestasi tidak asal ingin untung yang besar, anda berinvestasi tidak hanya mempertimbangkan resikonya saja, tetapi anda investasi memilki suatu rel, memiliki suatu perencanaan yang matang sehingga anda investasi pun dapat terarah dan sesuai dengan tujuan anda.

Kenapa penting sesuai dengan tujuan anda, karena dalam investasi ada dua ee, apa namanya ada dua kategori, ada dua kriteria, ada dua kriteria yang penting yaitu jangka waktu, dan inflasi gitu. Ini yang akan dipertimbangkan karena efeknya kepada risk dan return nya. Resikonya seberapa besar dan returnnya seberapa besar. Itu akan kita bahas pada kelas berikutnya. Sampai jumpa di kelas berikutnya saya Muhammad teguh.